Friday, 21 March 2014

Aku dan Skripsiku ^_^ ♥



13 Maret 2014 ^_^
Alhamdulillah , sungguh Alhamdulillah.. tanggal 13 maret kemarin aku ujian pendadaran skripsi ^^. Judul dari skripsiku adalah “Rencana Pendirian Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu di Desa Panikel Kecamatan Kampung Laut Kabupaten Cilacap.
Aaah,,akhirnya setelah menunggu hampir 1,5 bulan(karena skripsiku udah kelar tanggal 30 Januari 2014) aku dapet jadwal hari Kamis 13 Maret 2014 jam 09.00-10.30 WIB.

Flash back…
Aku memulai penelitian baik itu observasi, wawancara, menyebar angket dan lain sebagainya pada bulan Oktober 2013. Pokoknya targetku sebulan penelitian cukup, setelah itu mulai mengerjakan skripsi.
Pertama kali mau ke TKP, ke kantor kecamatan Kampung Laut duyu..sama Ibuku naik perahu hihi kok perahu?? Iya karena desa yang mau aku tuju namanya desa Klaces dan satu-satunya kendaraan menuju klaces adalah naik perahu hahaha ini sekalian plesir bero! Aku & Ibuku (Ibuku ijin sehari dari kantor untuk menemani putrid tercintanya inih hihi) ikut rombongan orang-orang diknas dan orang-orang kecamatan yang rumahnya di Cilacap kota. Pagi banget dateng ke dermaga eeh berangkatnya jam 8 pagi :o padahal pegawai kan ya? Ah sudahlah~~
ini dermaga dimana aku menunggu perahu

riak ombak tepi perahu yang aku tumpangi 

Di tengah perjalanan aku liat anak-anak mau berangkat sekolah, mereka naik perahu juga bareng-bareng sama anak-anak lainnya yang pada berangkat sekolah.. walaah mereka juga berangkatnya siang toh? Iya, soalnya guru-guru mereka kebanyakan dari Cilacap kota jadi agak siangan deh datengnya. Ya Allah,,perjuangan banget yah mereka ^^
tuuuh kan, anak-anak memang semangatnya LUAR BIASA 


Setelah melewati berbanyak-banyak tanaman bakau (oh ya Kampung Laut itu juga Kampungnya tanaman Bakau loh) akhirnya sampai di kecamatan. “ooh ini toh kecamatannya?”di samping kecamatan ada Puskesmas, di sampingnya lagi ada Dinas Pendidikan. Aku masuk ke kecamatan ngobrol-ngobrol sama Pak Camat, mengutarakan niat yang sebenernya kenapa dating ke situ,,setelah ngobrol ngalor ngidul kemudian aku dipersilakan meng-copy data monografi kecamatan Kampung Laut. Alhamdulillah ^^

Selesai ngopi data, aku sama ibuku ‘main’ ke kantor Dinas Pendidikan, ketemu sama Penilik Sekolah..kami ngobrol-ngobrol panjang lebar terkait dengan mendirikan sebuah sekolah dan komponen-komponen yang diperlukan di dalamnya dan tanpa disangka, beliau punya orangtua yang tinggal di desa Panikel kemudian beliau menawarkan untuk menunjukkan jalan menuju Panikel. Sungguh, rasa syukurku gak putus-putus!! Allah selalu memudahkan hamba-hambaNya yang senantiasa memohon padaNya^^

Hari Minggunya aku dianter bapakku ke Panikel dengan Pak Penilik sebagai penunjuk jalannya. Oh ya, desa panikel ini merupakan desa yang lebih mudah diakses via jalur darat loh,, kalo yang 3 desa lainnya di Kampung Laut ini harus menggunakan jalur air alias naik perahu dulu buat nyampe ke sana :D
Ketika masih di wilayah kawunganten, gandrung..jalannya masih jalan raya gitu dan lumayan alus laah meski saat itu memang lagi ada perbaikkan jalan hehe, akan tetapi ketika tiba-tiba belok ke jalan kecil kayak setapak, kanan-kiri sawah terbentang luas..Ya allah, ini jalan atau apa ya?? :o gini nih penampakan jalannya..
Keliatannya gak begitu parah ya? Tapi asli deh! Kalo kalian rasain sendiri udah kayak naik kuda, enjul-enjul gitu deh..Perjuangan banget nih, sampe organ dalam rasanya mau copot semua wkwkwk *lebay 
beceknya sampe mblenyek-mblenyek kayak gini deeh


ini sumpeh liciiin banget

Setelah melakukan perjalanan yang belum pernah terbayangkan sebelumnya, akhirnya sampai juga ke tempat tujuan, cepet-cepet keluarin notes, pulpen sama ngeluarin otak *loh :D pada kenyataannya aku Cuma bisa jalan-jalan keliling liat kondisi desa, senyam-senyum sama warga, poto-poto apa aja yang diliat.
anak-anak lagi bermain di depan sekolah merekaa

ini tugu pemberdayaan dari pemerintah

salah satu alat transportasi masyarakat desa Panikel


ini nih..roda truk-nya 'masuk' ke jalan utama yg lg becek abis ujan :o

Tanya-tanya apa yang pengen ditanyain..setelah agak capek gitu kembali ke tempat dan taraaaa udah ada kelapa muda yang baru dipetik dari pohonnya, sekali lagi Alhamdulillah..Alhamdulillah ^^

kelapa muda a la Mbah Supomo

Pulang dari Panikel, bukan berarti gak balik lagi,,aku masih bolak-balik berkali-kali sampai gak kaget lagi dengan wajah jalan desa Panikel. Mau yang lewat jalan tikus, mau lewat jalan utama udah kebal nih *Nggaya ih wkwkwk. Pokoknya selama Oktober 2013 kemaren aku menghabiskan separuh perjalanan buat ngurusin ‘Desa panikel. Naaah, kira-kira data yang diperlukan udah cukup dan angket juga udah diisi sama para responden,,saatnya kembali ke Jogja buat focus ngerjain SEKERIPSI :p
Awalnya bingung banget, harus memulai dari mana? Hahahaha.. aneh banget kan? Tapi kan aku punya dosen pembimbing yang siap membimbingku setiap aku mengejar wkwkwk ^^
Aku dapet dosen pembimbing yang sabaaaaar pake banget meskipun aku yang dibimbing tuh gak sabaran banget haha gak sabar buat cepet selese, cepet ujian dan cepat lulus :p kerjaanku tiap hari tuh nelponin dosen pembimbing. BENERAN!! Mungkin dosen pembimbingku gerah banget karena dikejar-kejar mulu sama aku :D yaa mau gimana lagi, kalo aku gak kayak gitu, mungkin sekarang aku masih mumet-mumet nggarap skripsi :’). Pak dosen, makasih ya udah sabar banget bimbing aku yang ngeyel dan maksanya setengah mampus. Haha gimana enggak dosen pembimbing bilang A aku ngotot B padahal sampai kapanpun yang bener ya yang A dan aku tau, tapi entah kenapa dengan ngeyel seperti itu jadi lebih GREGET :p.
Seneng sih dapet pembimbing seperti beliau, tapi ada gak senengnya juga,,kenapa? Jam terbangnya tinggi. Hari ini njanjiin “Besok ya mbak jam 9 pagi”. Esoknya aku dateng jam 08.30 *krik..krik..krik..* sampe jam 11 belum datang, aku sms gak dibales, telpon gak diangkat aku mikir apa jangan-jangan gak punya pulsa ya kayak di iklan-iklan kartu telpon gitu XD. Aaah, akhirnya dhuhur itu beliau sms aku bilang ada rapat di luar dan belum selesai. Lemes? BANGET! Iya lemes banget beroo >_< yowes,, #AkuRaPopo
Dijanjiin lagi “besok ya mbak jam 1 siang”and then, aku berangkat abis dhuhur jam 12.30-an. Did u kno-w? sampe jam 3 sore ane gak liat beliau sama sekali,, jam 15.30 hape berdering, beliau telpon aku..bilang kalo gak bisa ketemu hari itu. Nah loh.. #AkuRaPopo (lagi)
Yaaah gitu deh perjuangan yang harus ditempuh, berapa kali revisi, berkali-kali dapet kritik pedes berkali-kali…ah sudahlah hihi tapi aku tetep memohon pertolongan Allah supaya Allah menjernihkan pikiranku, menguatkan aku dan Alhamdulillah,,aku gak ngehang dalam mengerjakan skripsi ini. Sebelumnya sempet rasanya gak enak banget, pas denger cerita temen-temen ngerjain skripsi, liat status tamen-temen yang mumat-mumet nggarap skripsi. ASLI, sempet Panik tingkat dewa, takut mau ngerjain..takut gak seles-selese gitu deh..tapi setelah mencoba mengerjakan, ngetik sehuruf demi sehuruf, baca referensi-referensi, percaya gak percaya..aku ENJOY nggarap skripsi ini. Pusing jelas ada, apalagi kalo abis dikritik pembimbing, serasa pikiran selama ini salah semua hahaha tapi yakin deh, asal sungguh-sungguh dan bisa menyatukan visi sama dosen pembimbing, semua akan indah pada waktunya meskipun mungkin proses bisa kadang kesandung-sandung hihi. Yakin deh, yang penting itu gak mudah menyerah, tebel muka, tebel ati, tebel telinga karena dosen pembimbingmu bisa benar-benar membuatmu bangkit atau kamu yang terpuruk karena gak kuat dengan kritikan mereka :v
AKU BUKAN LAGI OMONG DOANG loh,, Aku udah membuktikan sendiri. Aku mulai ngetik-ngetik skripsi bulan November sampe Januari. Yap 3 bulan hidupku cuma seputar kamar, internet, perpus. Makan kalo inget, mandi kalo ada kringet hehehe (Ini jangan ditiru ya adek-adek XD)dan Alhamdulillah..kerja kerasku telah terbayar di hari Kamis tanggal 13 Maret 2014 ^_^ di sini degup jantungku melebihi degup jantungku sekarang..cepet banget, baru liat 4 kursi penguji aja udah sesuatu banget XD ingin rasanya menunda sampai hari aku gak gugup lagi, tapi apa iya aku mau mengorbankan waktu ini hanya untuk ketidakberanian? Ahh kalo kayak gitu CEMEN namanya :D
Bismillah..aku berdo’a sama Allah semoga proses ujianku dimudahkan dan dilancarkan, gak lupa aku minta do’a restu Bapak Ibu, para dosen dan teman-teman lainnya. Aku sudah berusaha dan berdo’a agar diberi yang terbaik. Tapi durasi 1,5 jam kok terasa begitu singkat ya? Alhamdulillah,,ketika akhirnya selese, sekretaris langsung mengumumkan nilai… Alhamdulillah aku dinyatakan LULUS!! LULUS!! LULUS!! Plus dikasih kesempatan sama Allah untuk terus belajar, buktinya setelah ujian..ada beberapa yang perlu direvisi sebelum akhirnya nanti dijilid ^^
Ayooo,,buat yang lagi pada skripsi terus SEMANGAT dan jangan berhenti BERDO’A & BERUSAHA. Man Jadda Wa jada ^__^

Search This Blog