Thursday, 3 July 2014

JODHPUR, si kota biru


Aku baca sebuah buku yang di dalamnya memuat tentang kota Jodhpur, katanya sih kotanya biru banget nah kebetulan aku punya temen di India, namanya Dipu, aku tanya sama dia apa bener Jodhpur disebut kota biru? dia jawab iya, jodhpur yang di Rajashtan dan dia juga bilang kalo di India juga ada Jaipore, kota PINK di Kolkatta. W.O.W banget tapi sekarang aku mau menyajikan yang kota biru dulu yaa.. gantian 👌
 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jodhpur adalah sebuah kota di India. Kota ini terkenal sebagai kota tujuan wisata karena unik.
*Blue City
Jodhpur terletak di Negara bagian Rajasthan, India. Letaknya sekitar 335 km sebelah barat Joipur, Ibukota Rajasthan. Jodhpur adalah sebuah kota tua yang didirikan pada tahun 1459 oleh seorang kepala Rajput bernama Rao Jodha. Rajput adalah prajurit berani mati dari India utara. Di sana banyak istana tua, tembok pertahanan (benteng) dan kuil-kuil. Kalau kamu berkunjung ke sana, cobalah pergi ke Benteng Mehrangarh yang terletak di atas bukit. Dari sana, kamu akan melihat pemandangan kota Jodhpur yang unik. Ya, Jodhpur terlihat sangat biru. Penduduk Jodhpur punya tradisi mengecat dinding dan bagian atap rumah dengan warna biru.
*Rahasia di balik warna biru
Cuaca di Jodhpur selalu cerah sepanjang tahun. Itu sebabnya Jodhpur juga mendapat julukan Sun City. Ada yang mengatakan bahwa penduduk Jodhpur mengecat rumahnya dengan warna biru karena warna biru bisa membuat rumah tetap dingin. Warna biru juga dipercaya bisa menangkal nyamuk. Ada juga yang mengatakan bahwa warna biru menampilkan kesan riang dan sejuk di tengah-tengah Gurun Thar yang sangat panas. Letak Jodhpur memang tidak jauh dari Gurun Thar. Akan tetapi, alasan yang dianggap paling tepat adalah sebuah tradisi lama tentang lima kasta di India. Kasta tertinggi adalah Brahmana. Menurut cerita rakyat, orang berkasta Brahmana suka mengecat rumahnya dengan warna langit atau biru. Mereka ingin rumahnya berbeda dengan rumah orang kebanyakan. Ternyata kebiasaan mereka mengecat rumah dengan warna biru diikuti oleh penduduk Jodhpur. Penduduk setempat menilai warna biru itu sebagai lambing kewibawaan. Tradisi it uterus berlangsung sampai sekarang sehingga Jodhpur mendapat julukan Kota Biru atau Blue City.

gimana? mau nyoba ke sana? hihi aku juga pengen kalee liat yang aslinya. sekarang liat penampakannya dulu
ini Jodhpur siang harii- Subhanallah -
dan ini penampakan Jodhpur malam hari -say Subhanallah-
Ya Allah indah banget kan ya? gimana yang kota Pink yaaaa? hihi tunggu sadja deeh ^_^

Search This Blog