Tuesday, 8 July 2014

Mari Menghias Kelas (Part 1)

Waaah,,gak kerasa yah bentar lagi liburan anak-anak sekolah usai sudah saatnya mereka kembali ke sekolah dong ya? hihi eh tapi ada loh yang udah masuk ^^
Anak-anak mau kembali ke sekolah pastinya dimulai dari semester 1 dong. Kebetulan aku megang TK dan apa yang akan dilakukan untuk menyambut kegiatan mereka yang baru?? di sekolahanku ini selalu menyajikan peraga 'handmade' yang sebenernya gak cukup juga buat dikerjakan selama liburan tapi ini ngebut digarap mulai hari Jum'at lalu. Aku masih jadi pendamping di kelas ini tapi sama kok, cuma partnerku udah lama bingit di sini dan beliau adalah wali kelas juga. Oke,
Saatnya rombak kelaaas..
bahan wajib peraga yang digunakan di sini adalah spon ati / busa ati silakan googling aja kalo belum tau 😁 karena teksturnya yang halus, lembut dan empuk, enak banget dibikin berbagai macam bentuk. Bikin apa yaaa? sesuai tema dong! Tema TK semester 1 kan ini nih :
1. Diri Sendiri (Aku, Panca Indera)
2. Lingkunganku (Keluargaku, Rumah, Sekolah)
3. Kebutuhanku (Makanan, Minuman, Pakaian, Kebersihan, Kesehatan, Keamanan)
4. Binatang
5. Tanaman
Jadi..berdasarkan tema semester 1, hiasan yang bakal dibikin ya menyesuaikan tema..biar sinkron antara materi dengan peraga-peraganya.
Alhamdulillah kemarin bikin peraga sama partnerku dapet Peraga huruf hijaiyyah, kotak infaq sama konsep bilangan. Masih banyak banget yang belum dikerjain nih..

ini poto setengah jadi,,lagi disusun di lantai. Tuh, pohonnya aja belum ada dikasih daun :D (berantakan pula)

Nah, ini dia peraga hijaiyyah yang udah jadi.. ditempel di atas Kain Furing/ Spunbond yang aku beli di toko Mulia, Jalan Langsep Cilacap t'rus ditambahin hiasan, karena ada pohon dan bunga-bunga jadinya ditambahin kepik, kupu-kupu sama capung deh biar rame jangan lupa dikasih pelisir atau tepian biar kayak bingkai ^_^

Setelah selesai bikin peraga hijaiyyah saatnya bikin kotak infaq. Mikir lagi mau bentuk apa yaa? sekali lagi FOKUS Na, Fokus haha jadinya inget tema akhirnya coret-coret di buku dan muncullah bentuk rumah dengan pagar, rumput dan cerobong asap. Beginilah penampakannya

nama anaknya ditulis di atap, tuh kan imut..ada pagarnya, ada rumputnya, ada cerobong asapnya juga..tadinya mau aku tambahin sapi apa ayam tapi ternyata spon ati-nya kurang memadai, yowes..rapopo ^_^
Oke, 2 konsep selesai sekarang mau bikin konsep bilangan. Berapa? banyak teman-teman.. karena ini TK B maka konsep bilangan yang diajarkan adalah bilangan 1-20. Bentuk untuk konsep angka, kami pilih buah-buahan ^^ biar gak bosen jadi bermacam-macam bentuknya.. ada strawberry, mangga, wortel dan apel. Pembagiannya 1-5 pake strawberry. 6-10 pake mangga, 11-15 pake wortel, 16-20 pake apel. Widiiih ya banyak banget bikinnya? emang! tapi bakal puas liat hasilnya (kalo dikerjakan sungguh-sungguh)

Nah, itulah bentuk buah yang mau dipakai buat konsep bilangan.

strawberry yang mau dipasang jangn lupa dikasih bintik-bintik dulu ya..biar kayak strawberry yang asli hihi..
Oke, kelasku baru dapet segini nih, yang lainnya nyusul yaa,,
Masih ada hiasan gantung, daftar nama siswa dan ada juga hiasan buat di teras dan halamn. Hiasan halamannya sekalian buat menyambut Idul Fitri dan hari Kemerdekaan juga loh ^^
Semangat!

To be continue...

Search This Blog