Saturday, 4 January 2014

Hikmah Sakit



Kalian pernah sakit? Demam, flu, thypus dan lain sebagainya? Ternyata ada hikmah di balik sakit yang kita rasakan :) perlu bukti? Baca keterangan di bawah ini

Rasulullah SAW bersabda: “Apabila seorang hamba yang beriman menderita sakit, maka Allah memerintahkan kepada para malaikat agar menulis perbuatan yang terbaik yang dikerjakan hamba mukmin itu pada saat sehat dan pada saat waktu senangnya.”

Hadits tersebut diriwayatkan oleh Abu Imamah al Bahili. Dalam hadits yang lain Rasulullah bersabda :
“Apabila seorang hamba mukmin sakit, maka Allah mengutus 4 malaikat untuk datang padanya.”

Allah memerintahkan masing-masing malaikat dengan perintah sebagai berikut :
1.      Malaikat pertama diperintahkan untuk mengambil kekuatan kita sehingga menjadi lemah.
2.      Malaikat kedua diperintahkan untuk mengambil rasa lezatnya makanan dari mulut kita
3.      Malaikat ketiga diperintahkan untuk mengambil cahaya terang di wajah kita sehingga berubahlah wajah si sakit menjadi pucat pasi. 
4.      Malaikat keempat untuk mengambil semua dosa kita , maka kita menjadi suci dari dosa.

Tatkala Allah akan menyembuhkan kita dari penyakit, Allah memerintahkan kepada malaikat 1, 2 dan 3 untuk mengembalikan kekuatan, rasa lezat, dan cahaya di wajah kita.
Namun untuk malaikat ke 4 , Allah tidak memerintahkan untuk mengembalikan dosa-dosa kita. Maka bersujudlah para malaikat itu kepada Allah seraya berkata : “Ya Allah mengapa dosa-dosa ini tidak Engkau kembalikan?”

Allah menjawab: “Tidak baik bagi kemuliaan-Ku jika Aku mengembalikan dosa-dosanya setelah Aku menyulitkan keadaan dirinya ketika sakit. Pergilah dan buanglah dosa-dosa tersebut ke dalam laut.”

Dengan ini, maka kelak kita berangkat ke alam akhirat dan keluar dari dunia dalam keadaan suci dari dosa sebagaimana sabda Rasulullah SAW : “Sakit panas dalam sehari semalam, dapat menghilangkan dosa selama setahun.”

“Tiada seorang mu’min yang ditimpa oleh lelah atau pe­nyakit, atau risau fikiran atau sedih hati, sampaipun jika terkena duri, melainkan semua penderitaan itu akan di­jadikan penebus dosanya oleh Allah,” (HR Bukhari-Muslim).

“Jika sakit seorang hamba hingga tiga hari, maka keluar dari dosa-dosanya sebagaimana keadaannya ketika baru lahir dari kandungan ibunya,” (HR Ath-Thabarani).

“Penyakit panas itu menjaga tiap mu’min dari neraka, dan panas semalam cukup dapat menebus dosa setahun,” (HR Al-Qadha’i).
Ketika kita sakit, perbanyaklah untuk beristighfar dan sabar dalam menghadapi sakit. Bukan menghabiskan waktu untuk mengeluhkan penyakit yang sedang kita derita. Semua penyakit ada obatnya, kecuali kematian :)
Semoga Allah senantiasa menjaga kita. Aamiiin

Search This Blog