Tuesday, 7 January 2014

PPL Integratif kami yang WOW bangets (part 2)


Tanggal 27 Agustus 2013
kami semua mahasiswa menuju ‘lahan’ masing-masing, siap bertempur dengan anak-anak gunung kidul *lho ini PPL apa perang gerilya bener??
Aku sama Atun kebagian sekolah yang kedua, TK ABA II Kerdonmiri ^_^. Alhamdulillah kami disambut dengan ramah, bahkan para orangtua yang lagi nungguin anak-anak mereka ikut salam salim dan menyapa dengan ramah sekali. Nyesss di hati dapet sambutan begitu.
Hari pertama observasi dan perkenalan sama anak-anak TK ABA II Kerdonmiri yang dialognya kira-kira begini :
Aku : Kalau kau suka hati tepuk tangan..prok prok prok *apersepsi dulu laah biar gak tegang :D*
Aku : “Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakaatuh…” *muka ceria*
Anak-anak : “Waaaa’aaalaaaaiiiikumsaalaaaaam waraaahmaaatuuullaaaah waabaaraaakaaaaatuuh” *muka gado-gado*
Aku sama Atun langsung berpandangan satu sama lain dan mungkin apa yang kita pikirin saat itu kurang lebihnya sama yaitu PANJANG BANGET JAWAB SALAMNYA?????
Aku : “Anak-anak apa kabar hari iniii?”
Anak-anak : “Aaalhaamdulillaaaah”
Ini kalo mereka tetep main panjang-panjangan bisa-bisa waktu abis cuma buat kenalan doing -___-
Aku : “waaah Alhamdulillah ya, semua sehat dan ceria. Oh ya, ada yang sudah tau kakak ini siapaaa? *nunjuk diri sendiri dan nunjuk Atun*”
Anak-anak : “beluuuuuuuum”
Aku : “Anak-anak mau tau tidaaak?”
Anak-anak : “maaauuuuuu”
Hahahaha Alhamdulillah mereka serempak jawab mau! Coba kalo mereka tiba-tiba jawab tidaaaak? Beuuh Aku mau balik kanan aja deh, kemas-kemas balik ke jogja lagi wkwkwk
Aku : “Oke, mulai dari kakak ya. Nama kakak adalah Ina Afifah tapi anak-anak cukup panggil kak Ina. Okee?”
Anak-anak : “okeee”
Aku : “Kalau kakak yang di samping kak Ina namanya kak Siti Aminatun tapi anak-anak cukup panggil kak Atun. Bisaaa?”
Anak-anak : “Bisaa”
Aku : “Nah, kak Atun dan kak Ina di sini akan membantu anak-anak belajar selama 1 bulan. Anak-anak siaaap? ”
Anak-anak : “Horeeee siaaap”
Aku : “Okee, sekian perkenalan dari kak Atun dan kak Ina. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakaatuh”
Anak-anak : “waaaa’aaalaaaiiikuuumsaaaalaaaam waaaraaahmaatuullaaah waaabaaraaakaaatuuuh”
Kami : “!@#$%^&*()_+!@#$%^&*()_+”
Hari pertama bener-bener observasi yang dimulai dengan KOMENTAR dan FOTO-FOTO!! hahaha, mulai dari ngomentarin bangunan, ruang kelas, guru dan murid-muridnya.kemana-mana bawa catetan. HARI PERTAMA gitu loh.
Jam 12.00 kami pulang ke pos dan taraaa..sumpeh kami gak percaya bahwa udah disediain makan siang, jajanan, es. Alhamdulillah ya Allah..perut ini tak terdzolimi *eeh* tanpa babibu kami langsung lempar tas ke kamar dan cuci tangan. Alhamdulillah menu pertama kami di pos 1 adalah sup macaroni, temped an sambel hmm maknyus deh poko’e :D
Pas lagi leyeh-leyeh, Aku sama Atun mulai ngobrolin TK ABA II Kerdonmiri sambil liat-liat foto yang diambil pagi tadi.


Akhirnya kami sepakat untuk membuat program ‘meramaikan’ gedung TK dengan beberapa hiasan yang ceria dan edukatif. Tapi mau pake apa ngehiasnya? Kalo di jogja kami biasa membuat hiasan dengan bahan sponati karena sponati itu tidak luntur dan bahannya halus plus gampang dipola. Di Gunung Kidul gak ada lah yang jualan sponati (lagipula sponati sebenernya mahal hiks). Bukan mahasiswa namanya kalo berhenti gara-gara gak ada sponati wkwk. Kami pesen kain furing dari jogja (lebih murah bo hihi), kami beli asturo, kertas lipat, doubletape dan tetek bengek lainnya daaan...malamnya kami beraksi membuat hiasan-hiasan untuk ditempel di sekolah.
Hari berikutnya hiasan belum fix, jadinya ya praktek ngajar seperti guru-guru lainnya. Di TK ABA II Kerdonmiri cuma ada 2 guru dan 1 kepsek. Kata mereka Alhamdulillah banget ada aku sama Atun jadi rame dan terbantu gitu hihi *Nyesss*
di TK ABA II Kerdonmiri karena bukan sekolah full-day jadi jam 10 udah pulang. Sempet heran juga sih "lha di sekolah sih ngapain aja cuma 2 jam gitu?"
ternyata setelah kami terjun langsung ya, kegiatan untuk anak cukup mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik mereka. Disini menggunakan LKA (Lembar Kerja Anak) yang di dalam LKA itu ada misalnya mencari perbedaan, mewarnai, maze (itu loooh semacem permainan 'mana jalannya?'), menulis dan banyak lagi. Selain LKA kadang untuk melatih motorik halus, anak-anak menggunting, mengecap, mencocok, meronce dan menyobek sedangkan untuk melatih kerjasama dan kognitifnya ada tuh permainan menyusun balok kayu yang berbentuk kotak, segitiga, lingkaran, persegi panjang. Seru deh pokoknya!! Waktunya bener-bener kepake full tapi nyenengin banget loh sama mereka ^_^
Kami nyanyi-nyanyi, hafalan suratan pendek, kuis, permainan dan masih banyak yang lainnya.
Itu kegiatan kami sehari-hari dari Senin - Sabtu :) (Minggu buat nglemburrrr)
dan sehari-hari pula ketika jam menunjukkan pukul 10.00 WGK hhaha :p kami kembali beraksi melanjutkan hiasan untuk mempercantique TK ABA II Kerdonmiri dan taraaaa






Alhamdulillah, udah keliatan kalo itu sekolahnya anak-anak hihi.. gak cuma itu loh, ruangan kelas-pun kami ubah menjadi lebih WOW biar anak-anak makin cmungudh masuk sekolah, gini nih..


ini salah satu hasil karya kami.. ikan alphabet :)



kalo yang 2 di atas ini ulat hijaiyyah,,haha sebenernya bukan maksud mau bikin ulat. Itu badan ulat sebenernya pola balon loh cuma karena mungkin faktor perut dan lelah, kami memasangnya meliuk-liuk sehingga muncul "kok kayak ulet?" dan jadilah ulet hijaiyyah -___-
t'rus kami di sini pengeeen banget membiasakan anak-anak buat infaq akhirnya dengan mengadopsi cara menstimulasi anak biar infaq dari sebuah TKIT di jogja, maka jadilah kreasi AtunIna yang kayak begini nih (berhubung di TK ABA II Kerdonmiri belum ada listrik, maka lem tembak-pun jadi pake lilin hihi)


 dan inilah hasilnyaaa ^_^
alhamdulillah anak-anak antusias banget dengan adanya kotak infaq yang unyu ini hihi. It's amazing ^_^
Semoga sampai saat ini program tersebut masih tetap berjalan. Aamiin

Search This Blog